Penggunaan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Present Serviceability Index (PSI) dalam Penilaian Kerusakan Jalan di Kota Palu (Studi Kasus : Jalan Karanja Lembah, Kota Palu)

Authors

  • M. Sutrisno Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Jl. Soekarno-Hatta Km 9, Palu 94118, Indonesia
  • M. Mashuri Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Jl. Soekarno-Hatta Km 9, Palu 94118, Indonesia
  • I. Mashuri Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Jl. Soekarno-Hatta Km 9, Palu 94118, Indonesia
  • A. Natalin Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Jl. Soekarno-Hatta Km 9, Palu 94118, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/renstra.v4i2.550

Keywords:

PCI, PSI, road damage, road handling

Abstract

Street of Karanja Lembah is a provincial road linking Palu City and Sigi Regency. After a visual survey, the road has suffered a lot of damage, especially on its surface. The purpose of this study was to determine the pavement condition values based on the Pavement Condition Index (PCI) method and the Present Serviceability Index (PSI) method, as well as to determine the type of road handling based on the PCI and PSI values obtained on these roads. The PCI method is carried out directly by dividing the road into several segments called segment units, then recording the type of damage, the dimensions of the damage, and the severity of the damage for each type of damage. In research using the PSI method, the PSI value was calculated using IRI (International Roughness Index) data obtained from the Highways Service of Central Sulawesi Province. From the results of the analysis, it was obtained that the average PCI value for Jalan Karaja Lembah was 79.95% with a "very good" pavement condition, while the average PSI value for Jalan Karaja Lembah was 2.13% with a pavement condition "moderate". For the right type of handling for the PSI and PCI methods, namely the type of periodic maintenance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Yunardhi, ”Analisa Kerusakan Jalan Dengan Metode PCI Dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus: Ruas Jalan DI Panjaitan)”, Teknologi Sipil: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, vol. 2, no.2, p. 17, 2019.

AASHTO, Guide For Design of Pavement Structures, Washington: AASHTO, 1993

Suwardo and Sugiharto, “Tingkat Kerataan Jalan Berdasarkan Alat Rolling Straight Edge Untuk Mengestimasi Kondisi Pelayanan Jalan (PSI dan RCI)”, Prosiding Simposium VII FSTPT, Universitas Katolik Parahyangan, vol. 2, p. 1, 2004.

Sekretariat Negara, Undang-Undang Republik Indonesia No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan, Jakarta: JDIH, 2004.

S. Okbri, ”Analisa Kuat Lentur Perkerasan Menggunakan Alat Benkelman Beam Pada Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan”, Jurnal Tekno Global UIGM Fakultas Teknik, vol. 7, no. 1, p. 36, 2018.

Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, Manual Pemeliharaan Jalan Nomor: 03/Mn/B/1983, Jakarta: PU, 1983

Ardiyan, A. Wibi, S. Widodo, and H. Azwansyah, ”Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Dengan Metode Pavement Condition Index (Pci)”, Jelast: Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, vol. 9, no. 4, p. 46, 2022.

H. Yunardhi, ”Analisa Kerusakan Jalan dengan Metode PCI dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus: Ruas Jalan DI Panjaitan)”, Teknologi Sipil, vol. 2, no. 2, p. 18, 2019.

S. Sukirman, Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur, Bandung: Nova, 2010.

H. Mubarak, Analysis of Road Pavement, Newyork: PCSE, 2016.

Ahmad and S. Nurjanah, “Level Vulnerability Damage of Pavement Using Pavement Condition Index Method”, MATEC Web of Conferences EDP Sciences, vol. 181, p. 1, 2018.

Kevin and B. Robertus, Evaluasi Kondisi Fungsional Perkerasan Jalan Menggunakan Metode PCI dan PSI (Studi Kasus: Jalan Kabupaten, Sleman, DI Yogyakarta), Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, 2022.

Chasanah, Faizul, and D.A. Wijaya, “Evaluasi Tingkat Kerusakan Perkerasan Lentur dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) untuk Menentukan Prioritas Penanganan Pada Jalan Solo-Yogyakarta Km 43, 8-44, 8”, Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, vol. 3, p. 1, 2016.

Nashruddin, A. Zadhi, and C. Buana, Analisis Penilaian Kerusakan Jalan dan Perbaikan Perkerasan Pada Jalan Raya Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik”, Jurnal Teknik ITS, vol. 10, no.1, p. 27, 2021.

R. Winaldi, “Studi Perencanaan Pemeliharaan Jalan Rimbawan, Jalan Anggur, Jalan Pramuka, Jalan Ir. Sutami, Jalan Cendana di Kota Samarinda’, Kurva Mahasiswa, vol.11, no.1, p. 189, 2020.

A.A. Nur, “Analisis Kondisi Fungsional Ruas Jalan Jenu-Merakurak dengan Menggunakan Metode PSI dan RCI Serta Prediksi Sisa Umur Perkerasan Jalan (Remaining Life)”, Paduraksa: Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa, vol. 11, no.1, p.127, 2022.

J.A. Wicaksono, “Analisa Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Binamarga dan Perencanaan Lapis Tambahan Menggunakan Metode AASHTO”, Teras, vol.11, no.1, p. 26, 2021.

N. Hendriansyah, “Analisis Kerusakan Pada Ruas Jalan Petung Km 25 S/D Km 36 di Kabupaten Panajam Paser Utara”, Kurva Mahasiswa, vol. 2, no. 2, p. 369, 2017.

Marjono, Burhamtoro, and R. Sasongko, “Penilaian Kondisi Permukaan Jalan Menggunakan Aplikasi Roadroid Pada Jalan Veteran-Bandung Kota Malang”, Jurnal Manajemen Teknologi & Teknik Sipil, vol. 5, no. 2, p.178, 2022.

Adiyatma, M. Endy, E.S. Hariyadi, and H. Rahman, “Evaluasi Faktor Kalibrasi Pada Model IRI dari AASHTO MEPDG untuk Lapis Tambah Campuran Beraspal di Atas Perkerasan Kaku Pada Jalan Tol Surabaya Gresik”, Prosiding KRTJ-HPJI , vol. 9, no.9, 2020.

Downloads

Published

2023-09-02

How to Cite

Sutrisno, M. ., Mashuri, M. ., Mashuri, I., & Natalin, A. . (2023). Penggunaan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Present Serviceability Index (PSI) dalam Penilaian Kerusakan Jalan di Kota Palu (Studi Kasus : Jalan Karanja Lembah, Kota Palu) . REKONSTRUKSI TADULAKO: Civil Engineering Journal on Research and Development, 4(2), 115-120. https://doi.org/10.22487/renstra.v4i2.550

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)