The Effect of Problem Solving Models on Concept Mastery and Student Learning Outcomes about Biology in Junior High Schools

Authors

  • Ervita Ervita Universitas Tadulako
  • Andi Tanra Tellu Universitas Tadulako
  • Masrianih Masrianih Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/j25490192.2022.v6.i2.pp88-97

Keywords:

Problem-solving, mastery of concept, Chemistry Learning Outcomes

Abstract

This study aims to determine the effect of the application problem solving models on the students’ masteryof concepts and student learning outcomes about biology at class VIII SMP Negeri 16 Palu. This type of research is quasi-experimental. The study population was all grade VIII students of SMP Negeri 16 Palu in the 2019/2020 academic year, totaling 128 students. The sample of the study was students of class VIIIA as an experimental group with total of 32 students and class VIIID as a control group with total of 32 students. The sample was determined by cluster random sampling technique. Data analysis was performed using the t test (t test) and the Mann Whitney U test supported by the SPSS for Windows 21 program.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ervita Ervita, Universitas Tadulako

Pendidikan Sains/Pascasarjana-Universitas Tadulako

Andi Tanra Tellu, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Tadulako

Masrianih Masrianih, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Tadulako

References

Amase, A., Nurhidayati, S., & Adawiyah, S. R. (2014). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MA Biologi. Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 115-120.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian pendekatan praktek. edisi revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Astuti, L. (2017). Penguasaan konsep IPA ditinjau dari konsep diri dan minat belajar siswa. Jurnal Formatif, 7(1), 40-48.

Febriyanti, F., Rudibyani, R. B., & Sofia, E. (2017). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(2), 199-211.

Ferazona, S. (2017). Analisis kesesuaian materi instrumen evaluasi dengan indikator dalam RPP materi plantae dan sistem ekskresi di SMA Kota Bandung. Bioalami, 4(2), 28–41.

Handayani, M. H., Swistoro, E., & Risdianto, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran pemecahan masalah fisika terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Fisika Kumparan, 1(2), 36-44.

Iqbal, M. Z., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. (2018). Penerapan model pemecahan masalah dalam meningkatkan penguasaan konsep materi asam basa Arrhenius. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(1), 50-62.

Khairani, I., & Safitri, R. (2017). Penerapan metode pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di MAN Rukoh Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 32-40.

Mataka, L., Cobern. M., Grunert, J., & Akom, M. (2014). Pengaruh penggunaan pendekatan pengajaran pemecahan masalah umum secara eksplisit terhadap kemampuan guru prajabatan SD dalam memecahkan masalah perpindahan kalor. Jurnal Pendidikan Internasional dalam Matematika, Sains dan Teknologi, 5(2), 381-385.

Mbembok, R. L., Any, F., & Adawiyah, S. R. (2017). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap keterampilan problem solving dan hasil belajar kognitif siswa. prisma sains: Jurnal Kajian Sains dan Pembelajaran Matematika dan Sains IKIP Mataram, 5(1), 25-32.

Mustapa, K. (2009). Efektivitas pembelajaran problem posing dalam meningkatkan proses pembelajaran, motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa mata kuliah kimia dasar I FKIP Universitas Tadulako. Tesis. Tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Pinahayu, E.K.R. (2017). Permasalahan dengan penerapan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran matematika di SMP Brebes. Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 77-85.

Rusman. (2010). Model pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pemahaman konsep IPA siswa melalui pembelajaran pemecahan masalah pada topik perubahan benda di sekitar kita. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 3(1), 52-62.

Sanjaya, W. (2012). Strategi pembelajaran berorientasi standar dari proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sari, W. (2013). Penerapan model pembelajaran problem solving dalam kelompok kecil untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan, 3(4), 95-100.

Subekti, P. (2017). Penerapan metode pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V. Jurnal Penelitian dan Konseptual, 2(2), 120-126.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, R&D. Bandung: Alfabet.

Suprijono, A. (2012). Teori belajar kooperatif dan penerapan paikem. Yogyakarta: Perpustakaan Pelajar.

Taradira, N., Jarmita, N., & Emalfida. (2020). Kendala yang dihadapi guru mengajar daring selama pandemi Covid-19 di MIN 5 Banda Aceh. Masalah Sosial, 12(7), 1–17.

Yanti N., L., M., S., M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Screative Problem Solving Berbasis Edukatif Games terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas IV di Kecamatan Kuta Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 90-99

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Ervita, E., Tellu, A. T., & Masrianih, M. (2022). The Effect of Problem Solving Models on Concept Mastery and Student Learning Outcomes about Biology in Junior High Schools. Jurnal Riset Pendidikan MIPA, 6(2), 88-97. https://doi.org/10.22487/j25490192.2022.v6.i2.pp88-97

Issue

Section

Articles