The Influence of Applaying Problem Based Learning Model assisted by Animation Media on Students, Motivation and Learning Outcomes at SMA Negeri 10 Sigi

Authors

  • Arfiani Arfiani Universitas Tadulako, Palu - Indonesia 94119
  • Kasmudin Mustapa Universitas Tadulako, Palu - Indonesia 94119
  • Purnama Ningsih Universitas Tadulako, Palu - Indonesia 94119

Keywords:

Animation, Motivation, Problem solving, Learning outcomes

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arfiani Arfiani, Universitas Tadulako, Palu - Indonesia 94119

Program Studi Pendidikan Sains Program Magister Pascasarjana Universitas Tadulako

 

Kasmudin Mustapa, Universitas Tadulako, Palu - Indonesia 94119

Program Studi Pendidikan Sains Program Magister Pascasarjana Universitas Tadulako

 

Purnama Ningsih, Universitas Tadulako, Palu - Indonesia 94119

Program Studi Pendidikan Sains Program Magister Pascasarjana Universitas Tadulako

 

References

Afrizon, R., Ramawulan & Fauzi, A. (2012). Peningkatan perilaku berkarakter dan keterampilan berpikir kritis siswa ix mtsn model padang pada mata pelajaran fisika menggunakan problem based learning. Journal Penelitian Pembelajaran Fisika. (1), 1-16.

Amir. ( 2010). Inovasi pendidikan smelalui problem based learning (PBL). Jakarta: Kencana.

Amri. (2010). Proses pembelajaran kreatif dan inovatif dalam kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Ardana, I. K. Arnyana, I. B. P & Setiawan, I. G. A. N. (2013). Studi komparatif penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan berpikir kritis dan kinerja ilmiah biologi SMA. E-Journal, 3 (3), 10-16.

Arends, R. I. (2004). Learning to teach. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill.

Ariasdi. (2008). Panduan pengembangan multimedia pembelajaran. Diakses 9 Maret 2016, dari http://ariasdimultimedia.wordpress.com/2008/02/12/panduan-pengembangan multimedia pembelajaran/.

Arifin (2009). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya.

Arnyana, I. B. P. (2006). Perencanaan dan desain model-model pembelajaran. Singaraja: Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan MIPA UNDIKSHA.

Arsyad, A. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Atikasari. (2012). Pengaruh pendekatan problem-based learning dalam materi pencemaran lingkungan terhadap kemampuan analisis. Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia. Unnes. Journal Biol Education, 1 (3), 57-62

Chotimah, H. ( 20070). Peningkatan proses dan hasil belajar biologi dalam pendekatan kontekstual melalui model pembelajaran think pair share pada peserta didik kelas X-G SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Jurnal Penelitian Pendidikan. 17 (1), 103-109.

Gamar. B. N. S, (2012). Pembelajaran inovatif. Palu: Lembaga pengkajian pembaharuan hukum dan kebijakan publik( LP2HKP).

Depdiknas. (2004). Pedoman penilaian hasil belajar. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati & Mudjiono. (2001). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Duch B. J. (1995). What is problem-based learning?About teaching: a. newsletter of the Center for Teaching Effectivenes.

Hamalik, O. (2010). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamsia. (2014). Meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas XI dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran biologi di SMK Negeri 1 Balaesang. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Tadulako.

Hasruddin. (2009). Peran multimedia dalam pembelajaran Biologi. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. 6 (2), 79- 86.

Hikma. (2014). meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui penggunaan multimedia di kelas III SDN Model Madani. Tesis Program Pascasarjana Universitas Tadulako.

Miles, B.B,& Huberman, A.M, (1992). Analisa data kualitatif. Jakarta. UI Press.

Muhson A. (2009). Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem basad learning. Jurnal Kependidikan, 39 (2), 171-182.

Mukhlis, H. Satoto & Budiono, U. (2005). Pengembangan life skill mahasiswa melalui pembelajaran mata kuliah ekonomi mikro menengah dengan pendekatan berbasis masalah (problem based learning). Laporan Hasil Penelitian Program Hibah Kompetisi A2 Jurusan Ekonomi Pembangunan FE-UM.

Mulyasa, E. (2003). Pembelajaran kooperatif. Jakarta: University Press.

Mulyono, (1999). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Musriadi. (2014). Penerapan model problem based learning berbasis modul dalam Meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep jamur. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 2 (02), 37- 43.

Nugroho, J. (2011). Pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN kemiriswu 2 Pasuruan (artikel) Perpustakaan Digital. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nur,M. (2011).Model pembelajaran berdasarkan masalah. Surabaya: Pusat Sain.

Paidi. (2011). Penelitian tindakan kelas. Makalah disajikan pada Pelatihan Tindakan Kelas bagi Guru-guru anggota MGMP Matematika SMP Kabupaten Magelang, Malang, 28 September 2011 di SMPN 1 Mungkid, Yogyakarta.

Riduwan. (2009). Metode dan teknik menyusun proposal penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ridwan. (2005). Implementasi problem based learning (Pbl) pada Proses pembelajaran di Bptp Bandung.

Riyanto, Y (2010). Paradigma baru pembelajaran. sebagai referensi bagi guru pendidik dalam implemetasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jakarta: Kencana Media Grup.

Rusman. (2010). Model-model pembelajaran, Bandung: Mulia Mandiri Press

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Raja Garfindo Persada.

Sarifudin. (2007). Penelitian tindakan kelas. Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional Universitas Terbuka.

Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Saodijarto. (1993). Menuju pendidikan nasional yang relevan dan bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.

Sudarman. (2007). Problem based learning: Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2 (2), 68-73.

Sudjana. (2005). Teori-teori belajar dan pengajaran. Jakarta, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sugiono. (2001). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sumiati & Asra. (2007). Metode pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Surata. (2008). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dalam setting pembelajaran kooperatif terhadap prestasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Laporan Penelitian Widyaiswara LPMP Bali.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovasi –progresif. Jakarta: Kencana.

Wahdmurni, A., Mustikawan & Ridho, A. (2010). Evaluasi pembelajaran kompetensi dan praktik. Yogyakarta: Nuha Lentera.

Widiastuti, R., Santoso, S. & Muzayyinah. (2010). Penerapan model pembelajaran problem based learning(PBL) dengan menggunakan media gambar untuk meningkatkan kemandirian belajar Siswa dalam pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010, Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS 2010.

Downloads

Published

2018-12-29

How to Cite

Arfiani, A., Mustapa, K. ., & Ningsih, P. (2018). The Influence of Applaying Problem Based Learning Model assisted by Animation Media on Students, Motivation and Learning Outcomes at SMA Negeri 10 Sigi . Jurnal Riset Pendidikan MIPA, 2(2), 85-96. Retrieved from https://new.jurnal.untad.ac.id/index.php/jrpm/article/view/70

Issue

Section

Articles