The Influence of Curriculum Assistance and School Working Climate of High School Teacher Piloting Curriculum 2013 in Palu City

Authors

  • Nurul Faisah Universitas Tadulako, Palu - Indonesia 94119
  • Achmad Ramadhan Universitas Tadulako, Palu - Indonesia 94119
  • Lilies N. Tangge Universitas Tadulako, Palu - Indonesia 94119

DOI:

https://doi.org/10.22487/j25490192.2017.v1.i2.pp53-62

Keywords:

The Assistance of Curriculum, Climate Working, Teacher Performance

Abstract

The purpose of this research is to analyze the influence of 1) The assistance of curriculum partially on the teachers' performance. 2) The school working climate partially influenced teachers' performance. 3) The assistance of curriculum and working climate simultaneously influenced the teacher. The method that I used was descriptive quantitative. The population of this research is senior high school teachers piloting curriculum 2013 in Palu which consists of 50 people in 21 %  total sampling. The technique of data analysis is multiple regression analysis. The results showed that: 1) The Assistance of curriculum has a negative effect and significantly to the teacher performance,  2) school working climate has a positive influence and significance to the teacher performance. 3) The assistance of curriculum simultaneously and school working climate has a significant influence on teachers' performance. The contribution of curriculum assistance influence and school working climate on teachers performance was 24.7 %, while  75.3 % was influenced by the other factors.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurul Faisah, Universitas Tadulako, Palu - Indonesia 94119

Pendidikan Sains Program Magister Pascasarjana Universitas tadulako

 

Achmad Ramadhan, Universitas Tadulako, Palu - Indonesia 94119

Pendididkan Sains Program Magister Pascasarjana Universitas Tadulako

 

Lilies N. Tangge, Universitas Tadulako, Palu - Indonesia 94119

Pendidikan Sains Program Magister Pascasarjana Universitas Tadulako

 

References

Arifah, D. N. (2014). Pengaruh pendampingan terhadap kinerja guru di sekolah dasar. Universitas Pendidikan Indonesia. Melalui [3/3/16].

Arikunto, S. (1997). Prosedur penelitian (suatu pendekatan praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian, suatu pendekatan paraktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryansah, I dan Kusumaputri, E.S . (2013).Iklim organisasi dan kualitas kehidupan kerja karyawan. Jurnal Humanitas, 10 (1): 76

Asludin. (2012). Kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru fisika SMA negeri di Provinsi Sulawesi Tengah. Tesis. Tidak diterbitkan. Palu. Program Pascasarjana Universitas Tadulako

Bahri. S. (2011). Faktor yang mempengaruhi kinerja guru SD di dataran tinggi Moncong Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Medtek, 3 ( 2): 4

Barinto. (2012). hubungan kompetensi guru dan supervisi akademik dengan kinerja guru SMP Negeri Se Kecamatan Percut SEI TUAN. Jurnal Tabularasa. 9 (2):

Bestiana, R. (2012). Hubungan kepuasan kerja, motivasi dan komitmen normatif dengan kinerja guru SMPN 1 Rantau Selatan - Labuhan Batu. Jurnal Tabularasa Pps Unimed. 9 (2): 3

Bobihoe. J. M. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Kimia Di SMA Negeri Se-Kabupaten Sigi. Tesis, tidak diterbitkan. Palu. Universitas Tadulako

Carudin. (2011). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru. Pedagogia, 7(2): 243

Darmansyah. (2008). Kontribusi profesionalisme guru dan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Brebes. Tesis, tidak diterbitkan. Malang. Universitas Negeri Semarang

Darmasaputra. (2013). Hubungan antara dukungan sosial teman kerja dengan kinerja pegawai di kantor kecamatan jombang. Character, 1(2): 2

Daryanto dan Farid, M. (2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Djawali. M. (2014). Kinerja Guru Mata Pelajaran IPA Tersertifikasi Di SMA Negeri Sekota Palu. Tesis, tidak diterbitkan. Palu. Program Pasca Sarjana Universitas Tadulako.

Davis. K dan Newstrom. J. W. (1985). Perilaku Dalam Organisasi, Jilid 1, edisi 7. Terjemahan Agus Dharma. Jakarta: Erlangga

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2010).

Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Fadilah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI. SMP/MTS &SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Edisi 4. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro

Kamil. M. (2010). Model pendidikan dan pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta

Kunandar, (2007). Guru profesional. Penerbit Raja Grafindo Persada: Jakarta

Kunandar 2007. Guru professional implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dan sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta: Rajawali Pers

Khodijah. N.(2013). Kinerja Guru Madrasah dan Guru Pendidikan Agama Islam Pasca Sertifikasi Di Sumatera Selatan. Cakrawala Pendidikan, 32 (1): 93

Martiyono, Sugaedi, Rianingsih, Mubarok. M, Sulistyowati. A, Suprapno, Aminah, Mahmudah. S, Sardi, Sugiyatmo, Purnomo. B, dan Tubari. (2014). Mengelola dan mendampingi implementasi kurikulum 2013. Yogyakarta: Aswajia Presindo.

Multi dan Suryalena (2013). Pengaruh iklim kerja terhadap semangat kerja (kasus karyawan bagian produksi PT. Asia Sawit Makmur Jaya, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau). Jurnal Aplikasi Bisnis, 4 (1): 4

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nisa, H. D. W, Suharsono, Y dan Ingarianti, T. M (tanpa tahun). Hubungan Antara Iklim Organisasi Dengan Intensi Turnover Pada Karyawan. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Peran Budaya Organisasi Terhadap Efektivitas dan Efisiensi Organisasi Seminar. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang, 12 Desember

Nurhamidah. S. (2014). Upaya peningkatan pengelolaan proses pembelajaran melalui pendampingan pada implementasi kurikulum 2013 terhadap guru–guru kelas I dan kelas IV. E- Journal PPs Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. (4): 4-5

Pratiwi, D. S. (2013). Pengaruh motivasi kerja, kepuasan kerja, kepemimpinan kepala sekolah menurut persepsi guru, dan iklim sekolah terhadap kinerja guru ekonomi SMP Negeri di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1): 7

Prihantoro, A. (2012). Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja, dan Komitmen (Studi Kasus Madrasah di Lingkungan Yayasan Salafiyah, Kajen, Margoyoso, Pati). Value Added, 8(2): 7

PSDMP dan PMP. (2013). Pedoman kegiatan pendampingan implementasi kurikulum 2013 bagi pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru inti. Depok: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Pusat penelitian dan Pengembangan Kebudayaan. Tanpa Tahun. evaluasi pendampingan kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Riduwan. (2007). skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta

Riduwan. (2010). Variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2009). Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta

Riduwan. (2012). Belajar mudah penelitian untuk guru karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta

Ridjan, M. (2011). Pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru tersertifikasi pada pembelajaran IPA di wilayah Kota Poso. Tesis. Tidak diterbitkan. Palu. Program Pascasarjana Universitas Tadulako.

Sagala, S. (2008). Budaya dan reinventing organisasi pendidikan. Bandung: Alfabeta

Samuel. (2012). Pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri Di Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi. Tesis. Tidak diterbitkan. Palu. Program pascasarjana STIE Panca Bakti Palu.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sujianto. (2009). Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Sunengsih. D. N. (2015). Hubungan profesionalisme, iklim sekolah, dan integritas dengan kinerja guru SMP Negeri Di Kota Administrasi Jakarta Timur (2015. Jurnal Manajemen, 19, (2): 193

Suci. U. A. (2015). pengaruh motivasi kerja dan implementasi kurikulum 2013

melalui kegiatan pendampingan terhadap kinerja guru di SMA NEGERI 2 Kandangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 1(3): 11

Sumadiana, M. N. I, Lasmawan. W. I dan Dantes. R. G. (2015). Kontribusi Supervisi Akademik, Iklim Kerja, dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru dalam Mengelola Proses Pembelajaran. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 5: 8-9

Triton. (2006). SPSS. 3.0 terapan riset parametrik. Yogyakarta. Andi

Widyastono. H. (2014). Pengembangan kurikulum di era otonomi daerah dari kurikulum 2004, 2006, ke kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Wiyono. (2015). Strategi meningkatkan keterampilan supervisi akademik KS melalui pendampingan PS. melalui http://Lppks. Kemdikbud.go.id [5/5/16]

Wirawan. (2015). Manajemen sumber daya manusia indonesia: teori, pisikologi, hukum ketenaga kerjaan aplikasi dan penelitian: aplikasi dalam organisasi bisnis, pemerintahan dan pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wirawan. (2008). Budaya dan iklim organisasi teori dan aplikasi. Jakarta: Salemba Empat

Yuniarti. T dan Suwatno. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2017-12-30

How to Cite

Faisah, N. ., Ramadhan, A. ., & Tangge, L. N. . (2017). The Influence of Curriculum Assistance and School Working Climate of High School Teacher Piloting Curriculum 2013 in Palu City. Jurnal Riset Pendidikan MIPA, 1(2), 53-62. https://doi.org/10.22487/j25490192.2017.v1.i2.pp53-62

Issue

Section

Articles